• Recent Comments

    • Archives

    • Categories

      • No categories
    • Meta

    • Kurikulum

      Kurikulum

      Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terintegrasi, (Diknas, Depag, dan kurikulum plus yang dikembangkan sesuai kebutuhan pada tiap-tiap kemampuan). Program kegiatan belajar mengajar di kelompok bermain maupun TK Ar-Rahman Motik menitik beratkan pada :
      1. Persiapan anak memasuki pendidikan dasar yaitu kepada kematangan emosi, sosial, penguasaan motorik, bahasa, pengenalan berhitung, dan kesiapan perkembangan perilaku islami.
      2. Mampu mencuatkan dan mengembangkan bakat, minat dan kemampuan sehingga anak berkembang secara optimal dan mampu beraktualisasi diri. 
      3. Mengembangkan potensi yang siap menghadapi era globalisasi melalui kegiatan yang berorientasi pada IPTEK dan IMTAK Peran serta keluarga adalah faktor utama yang di yakini mempunyai pengaruh terbesar bagi perkembangan anak-anak. Orang tua adalah pendidik/guru dalam keluarga. Orang tua memiliki peranan sangat penting dalam proses pendidikan terutama dalam proses pendidikan pada usia dini yang mengembangkan konsep pembiasaan dan latihan. Anak-anak berkembang tidak secara spontan, tetapi melalui proses waktu, tahap demi tahap yang bergantung pada orang dewasa/pembimbingnya.

      Anak Belajar Dari Lingkungan Hidupnya

      Jika anak banyak dicela, ia akan terbiasa menyalahkan

      Jika anak banyak dimusuhi, ia akan terbiasa menentang

      Jika anak dihantui ketakutan, ia akan terbiasa merasa cemas

      Jika anak banyak dikasihani, ia akan terbiasa meratapi nasibnya

      Jika anak dikelilingi olok-olok, ia akan terbiasa menjadi pemalu

      Jika anak dikitari rasa iri, ia akan terbiasa merasa bersalah

      Jika anak serba dimengerti, ia akan terbiasa menjadi penyabar

      Jika anak banyak diberi dorongan, ia akan terbiasa percaya diri

      Jika anak banyak dipuji, ia akan terbiasa menghargai

      Jika anak diterima oleh lingkungannya, ia akan terbiasa menyayangi

      Jika anak tidak banyak dipersalahkan, ia akan terbiasa senang menjadi dirinya sendiri

      Jika anak mendapat pengakuan dari kiri-kanan, ia akan terbiasa menetapkan arah langkahnya

      Jika anak diperlakukan dengan jujur, ia akan terbiasa melihat kebenaran

      Jika anak ditimang tanpa berat sebelah, ia akan terbiasa melihat keadilan

      Jika anak mengenyam rasa aman, ia akan terbiasa mengandalkan diri dan mempercayai orang sekitarnya

      Jika anak dikerumuni keramahan, ia akan terbiasa berpendirian : “Sungguh Indah Dunia Ini!”

       

      Copyright © 1972 by Dorothy Law Nolte